10 Aplikasi Berbau Dakwah di 2020

10 aplikasi berbau dakwah

Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya seperti yang dianjurkan oleh agama Islam. Langkah tersebut, bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, dimana kini sudah terdapat 10 aplikasi berbau dakwah yang bisa digunakan.

Daftar 10 Aplikasi Berbau Dakwah

Ingin memperdalam ilmu agama, namun bingung bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir lagi, Admin telah membuat ulasan khusus buat Anda mengenai rekomendasi aplikasi terbaik yang berbau dakwah, di antaranya seperti berikut:

  1. Halo Ustadz

Halo Ustadz menyediakan materi dakwah dalam bentuk video yang bisa dinikmati secara gratis dan aplikasi ini bersifat interaktif. Sehingga,Anda dapat mengajukan pertanyaan untuk memperoleh jawaban dari ahlinya, dengan permasalahan seputar aqidah, hadits, fiqih dan muamalah kontemporer.

Halo Ustadz dikembangkan oleh yayasan Baitut Tholabah dan kini telah di download lebih dari 100.000 pengguna serta memperoleh rating penilaian 4,6. Aplikasi ini juga memiliki kanal di YouTube dengan nama yang sama.

Fitur di dalamnya juga beragam, mulaidari video tausiyah, hadits, tafsir juzamma, fatwa agama, kompaskiblat, asmaulhusna, doaharian, dzikirpagi dan petang serta jadwal sholat yang selalu update. Selain itu, juga menghadirkan narasumber dari alumnus Timur Tengah.

  1. net

Aplikasi satu ini memuat isi dakwah dalam bentuk audio yang dapat memudahkan penggunanya untuk memahami materi agama Islam serta dapat menyegarkan rohani. Melalui Kajian.net, Anda juga bisa mencari penceramah sesuai dengan favorit melalui fitur “ustadz”.

Kajian.net sendiri dikembangkan oleh Yufid Inc dan kini telah di download lebih dari 10.000 pengguna serta telah memperoleh rating atau ulasan mencapai 4,8. Aplikasi tersebut berukuran 5,4 MB dan dapat diinstal pada ponsel Android minimal versi 4.2 (Jelly Bean).

Selain itu, juga memiliki fitur menarik yang memungkinkan penggunanya untuk mencari kajian per kategori dan menyimpannya kedalam folder favorit. Meskipun Kajian.net cukuppopuler, namunmemilikikelemahandimanakualitassuararendahsertatidakterdapatfitur audio next.

  1. Kajian Islami dan MurottAl-Quran

Seperti namanya, aplikasi dakwah online satu ini berisikanlebihdari 5.000 materi kajian Islami dari berbagai narasumber ahli. Di sampin gitu, juga menyajikan murottal Al-Quran yang dikemas dalam format mp3.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kajian Islam 2 danbisa Anda install menggunakan ponsel Android minimal versi 4.0. Hingga kini telah diunduh lebih dari 5.000 kali serta memperoleh rating mencapai 4,8.

Di sisi lain, aplikasi ini juga memiliki menu dan fitur cukup lengkap yang menyuguhkan berbagai audio kajian serta ceramah islam ditambah dengan radio dakwah, berbagai macam sholawat nabi serta murottal Al-Quran dalam bentuk mp3.

  1. Aa Gym Corner

Aplikasi ini dibuat dengan konsep sebagai media dakwah modern yang berisikan kumpulan buku, serta audio book karya asli dari narasumber ternama yaitu ustadz Abudllah Gym nastiar atau biasa dikenal dengan Aa Gym.

Aa Gym Corner bisa Anda download secara gratis menggunakan iPad, iPhone dan iPod touch melalui App Store. Namun amat disayangkan aplikasi tersebut belum tersedia untuk ponsel  Android.

Materi ceramah dalam bentuk audio book ini umumnya berdurasi satu jam. Kelebihan aplikasi ini yaitu suaranya jelas serta jernih. Bukan hanya itu, pengguna juga dimungkinkan untuk berbagi ke orang lain dengan mudah melalui email atau media sosial lainnya seperti Twitter dan Facebook.

  1. SalingSapa

Saling Sapa menjadi salah satu aplikasi dakwah yang banyak direkomendasikan, dimana menyuguhkan berbagai tayangan inspiratif dari para ustadz. Selain itu, Anda juga bisa melakukan streaming saluran TV tersebut melalui parabola.

Salah satu fitur menarik di dalamnya yaitu, terdapat chat yang menfasilitasi Anda untuk berkomunikasi langsung dengan pengguna lainnya. Bukan hanya itu, di dalam Saling Sapa juga terdapat toko online yang memungkinkan adanya bertransaksi untuk pembayaran tagihan air, listrik, pulsa dan lainnya.

Aplikasi dakwah ini terbilang cukup populer, dimana telah diunduh lebih dari 100.000 kali serta memperoleh rating ulasan mencapai 4,7. Saling Sapa berukuran 29 Mb dan bisa Anda install  menggunakan ponsel Android minimal versi 4.1.

  1. Spotify

Selain bisa dimanfaatkan untuk mendengarkan musik, Spotify juga memiliki podcast yang menyugukan berbagai materi dakwah seperti ceramah agama, audio kajian islami, hijrah kuy dan lainnya.

Aplikasi ini dikembangkan oleh pihak Spotify Ltd dengan ukuran yang bervariasi dan bisa Anda install menggunakan ponsel Android. Sejauh ini, telah mencapai rating 4,6 serta diunduh lebih dari 500.000 kali.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik yang memudahkan penggunanya untuk mencari konten ceramah hanya dengan mengetik kata kunci “ngaji” saja. Tampilan antar muka juga menarik, untuk pemula sekalipun tidak akan kesusahan saat menggunakannya.

  1. Ceramah Islam

Aplikasi yang dikembangkan oleh Selada MK ini cukup populer, terbukti telah diunduh  lebih dari 100.000 kali serta memperoleh rating mencapai 4,5. Anda dapat mengunduh Ceramah Islam dari Google Play menggunakan ponsel Android minimal versi 4.1.

Ceramah Islam merupakan salah satu dari 10 aplikasi berbau dakwah yang cukup direkomendasikan. Bahkan, bisa dinikmati secara online dan menyuguhkan berbagai materi dari narasumber terkenal, seperti ustadz Yusuf Mansur, Quraish Shihab, M. Arifin Ilham dan lainnya.

Kelebihan yang ditawarkanyaitu,memungkinkanpenggunanyauntukmendengarkanmatericeramahsecara offline. Namun, Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Selain itu Ceramah Islam juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya.

  1. TokoBukuIslami

Aplikasi dakwah modern ini berisikan berbagai kumpulan buku pembelajaran agama karya kontributor terkenal seperti Aa Gym. Bukan hanyaitu, di sini juga terdapat novel religi yang bertemakan Islami.

Aplikasi Toko Buku Islami bisa Anda unduh melalui AppStore secara gratis dan dapat diakses melalui iPad, iPhone dan iPod touch secara mudah. Namun sayangnya, pengguna ponsel Android belum bisa menikmatinya.

Di dalamnya juga dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti yaitu Compass dan Qiblat yang bermanfaat sebagai alat penunjuk arah saat pengguna mengalami kebingungan. Caranya mudah, cukup ketik nama lokasi di kolom pencarian, untuk menikmatinya  dibutuhkan koneksi internet yang memadai.

  1. Go Langit

Go Langit merupakan aplikasi dakwah favorit, karena menyuguhkan banyak ceramah ustadz ternama yang dikemas dalam berbagai bentuk menarik. Mulai dari audio, tulisan, gambar hingga video, dengan begitu akan mempermudah Anda dalam mempelajari agama Islam.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Ar-Raudhah Developer ini berukuran 9.0 Mb dan telah diunduh lebih dari 50.000 kali serta memiliki rating mencapai 4.8. Untuk menikmati fitur Go Langit, Anda dapat menginstallnya melalui ponsel Android minimal versi 4.0.3.

Sama seperti aplikasi dakwah online lainnya, Go Langit juga memiliki fitur-fitur menarik sepertiAl-Quran digital, namun sayangnya untuk menikmatinya Anda perlu mengunduhnya lagi secara terpisah.

  1. Kumpulan Ceramah dan Kajian Islam

Sesuai namanya, di dalam aplikasi ini berisikan kumpulan =ceramah dan kajian Islami lengkap dengan berbagai tema menarik dari narasumber terkenal, mulai dari ustadz Arifin Ilham, BuyaHamka, Habib Luthfi, Aa Gym dan lainnya.

Aplikasi Kumpulan Ceramah dan Kajian Islam ini telah diunduh sebanyak 1.000 kali serta mendapat rating mencapai 4.8. Jika Anda ingin menikmati berbagai fiturnya, silahkan download melalui Google Play Store menggunakan ponsel Android.

Kelebihan aplikasi ini yaitu, memiliki ukuran sangat ringan dan berkapasitas 3,7 Mb saja. Selain itu, Kumpulan Ceramah dan Kajian Islam juga memiliki fitur menarik seperti “ustadz” yang memungkinkan Anda untuk mencari penceramah terfavorit.

Itulah ulasan mengenai 10 aplikasi berbau dakwah yang bisa dijadikan salah satu aplikasi rekomendasi untuk membantu Anda memperdalam ilmu agama. Semoga informasi ini membawa banyak manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *