Fungsi Asam Amino

Fungsi Asam Amino

Asam amino merupakan senyawa penting bagi tubuh manusia. Fungsi asam amino adalah membentuk jaringan protein dalam tubuh. Secara umum, senyawa ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu esensial dan non esensial.

Asam amino non esensial adalah senyawa yang dapat diproduksi oleh tubuh. Akibatnya tidak perlu mengonsumsi bahan lain, seperti daging. Sementara itu, asam amino esensial adalah asam yang tidak bisa tubuh produksi. Maka untuk memenuhinya harus makan makanan berprotein hewani.

Jenis dan Fungsi Asam Amino Esensial

Asam amino esensial adalah senyawa dalam tubuh yang tidak bisa diproduksi sendiri. Umumnya, senyawa ini terbagi menjadi 9 jenis. Masing-masing jenis memiliki fungsi asam amino esensial untuk tubuh. Daftarnya antara lain:

Valin

Valin adalah jenis asam amino esensial pertama pada daftar ini. Dikategorikan sebagai senyawa yang memiliki rantai samping cukup panjang. Secara fungsi, valin memberikan beragam manfaat bagi tubuh, seperti:

  • Memperlancar kinerja organ tubuh sehari-hari.
  • Menyeimbangkan fungsi nitrogen.
  • Menjaga sel tubuh agar tidak rusak saat olahraga.

Metionin

Dalam jenis asam amino esensial ini terdapat kandungan sulfur. Jumlahnya sendiri tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, metionin berfungsi untuk menjaga kekuatan tubuh, pertumbuhan jaringan, dan lain sebagainya.

Leusin

Leusin masuk ke dalam asam amino berantai cabang. Tanggung jawabnya adalah membuat sintetis protein bagi otot tubuh. Adapun fungsinya adalah mengatur kadar gula darah, dan mempercepat kesembuhan luka pada permukaan kulit.

Isoleusin

Sementara fungsi asam amino esensial jenis Isoleusin sangat banyak bagi tubuh. Selain membantu dalam peningkatan energi, juga berperan aktif untuk membentuk sel darah merah. Apabila proses ini berjalan baik, maka berpengaruh langsung ke metabolisme manusia.

Fenilalinin

Fungsi fenilalinin bagi tubuh adalah bertanggung jawab atas pembentukan neurotransmitter dan dopamin. Kemudian berperan dalam membentuk struktur protein, dan enzim yang jumlahnya cukup banyak bagi tubuh.

Selain kelima jenis dan fungsi asam amino esensial di atas, masih banyak jenis senyawa ini yang serupa. Sebut saja histidin, lisin, serta treonin. Semuanya pasti memberikan dampak positif bagi tubuh yang bisa dirasakan seiring berjalannya waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *