Service Jam Digital Masjid: Kerusakan dan Solusi

Service Jam Digital Masjid

Tidak semua alat elektronik itu bisa tahan lama, secanggih apa pun barangnya. Akan ada masanya mengalami kerusakan jika terlalu lama digunakan. Sama seperti jam ini, tapi ada service jam digital masjid yang bisa Aanda coba andalkan. Itu karena jasa tersebut akan membantu memperbaikinya.

Service Jam Digital Masjid

Sesuai dengan namanya, jasa service ini hanya akan menawarkan bantuan bagi jam digital masjid yang mengalami kerusakan atau kesalahan fungsi. Biasanya petugas yang memperbaikinya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Apakah alatnya memang rusak dari dalam atau sementara.

Jika sudah mengetahui penyebab kerusakan / salah fungsi pada jam digital masjid tersebut. Langkah selanjutnya yang akan petugas ambil adalah dengan mulai memperbaikinya. Anda tidak perlu khawatir, karena petugasnya sudah profesional. Jadi, hasil perbaikannya sesuai dan berkualitas.

Tidak perlu takut semakin rusak, karena biasanya jasa service akan melalui tahapan pemeriksaan penyebab kerusakaan service. Kerusakaan yang seringkali banyak dialami, yaitu mulai dari displaynya yang hilang atau bahkan mati, lalu angka tidak beraturan dan masih banyak lagi lainnya.

Jenis Kerusakan Jam Digital Masjid dan Solusinya

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa alat elektronik secanggih apa pun pasti pernah mengalami kerusakan. Sama halnya seperti jam digital masjid ini, namun kerusakan tersebut bisa diatasi dengan cara membawanya ke tukang service. Ada beberapa jenis kerusakan jam ini yang sering terjadi.

Seluruh Display Angkanya Mati

Salah satu jenis kerusakan yang seringkali banyak tukang service temui, yaitu display angkanya yang mati atau bahkan menghilang. Nah, jika hal ini sampai terjadi yang perlu petugas service periksa adalah bagian daya adaptornya. Meskipun produsen jam selalu memberikan baterai cadangan.

Akan tetapi, baterai tersebut hanya untuk membantu agar saat mati settingan – nya tidak berubah. Namun, jika jam digital masjid ini mati dalam keadaan yang cukup lama karena rusak. Sudah pasti setting yang sudah Anda atur akan berubah. Solusi masalah ini adalah mengganti adaptornya saja.

Tampilan Display Angka yang Tidak Beraturan

Selain itu, kerusakan pada jam digital masjid selanjutnya adalah display angka yang tidak beraturan. Lebih tepatnya, bagian angkanya tidak lurus sebagaimana mestinya. Biasanya masalah semacam ini merupakan penyebab dari tidak stabilnya daya listrik yang ada di lokasi pemasangan jam digitalnya.

Perlu Anda ketahui, bahwa kestabilan daya listrik itu menjadi salah satu faktor paling penting. Itu karena untuk dapat menjaga keawetan serta tahan lamanya jam digital masjid satu ini. Bahkan penyebabnya juga karena LED jam tersebut rusak. Solusinya cukup ganti adaptor, reset ulang / atur settingannya.

Jam Digital Berbunyi Beep Secara Terus Menerus

Kerusakan selanjutnya, yaitu jam digital yang mengeluarkan bunyi beep secara terus menerus. Tentu saja hal ini akan sangat menganggu. Apalagi jamnya sendiri tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Anda harus membawa jam berbentuk angka tersebut ke tukang jasa service khusus.

Perlu Anda ketahui, bahwa bunyi alarm dari jam digital masjid ini merupakan tanda bahwa waktu shalat telah tiba. Tidak hanya itu, alarmnya juga pertanda bahwa jeda adzan dan iqomah telah habis. Jika bunyinya tidak kunjung berhenti, berarti ada masalah. Solusinya, gantilah part atau reset ulang.

Waktu Shalat Tidak Akurat

Masalah yang paling sering terjadi pada jam digital masjid, yaitu waktu shalatnya tidak akurat. Artinya jadwal shalat yang seharusnya pukul 3 sore misalnya, namun karena ada kendala. Jamnya justru menjadi lebih terlambat daripada sebelumnya. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan auto update.

Auto update adalah salah satu fitur yang paling penting untuk Anda perhatikan pada jam digital masjid iin. Kerap kali fitur ini akan menimbulkan masalah pada jam berbentuk angka tersebut. Namun, solusinya, cukup lakukan setting ulang atau bisa juga mengonsultasiikan ke pembuat jam digitalnya.

Jam Terlalu Cepat

Selain waktu shalat yang tidak akurat, masalah pada jam digital masjid juga biasanya terlalu cepat. Tentu saja hal ini akan menimbulkan jam shalat yang lebih maju atau belum waktunya melaksanakan ibadah. Namun, karena jamnya ada masalah justru muadzin mengumandangkan adzan yangs salah.

Hal ini tidak boleh Anda biarkan begitu saja, terlebih lagi kinerja dari jam digital sendiri adalah memberitahukan jadwal shalat 5 waktu kepada jamaah. Jika jamnya terlalu cepat, sudah pasti tidak akurat lagi. Solusinya, cobalah untuk setting / atur ulang, klaim garansi atau konsultasi ke pembuat.

Jam Terlalu Lambat

Selain terlalu cepat, jam digital masjid juga bisa saja mengalami keterlambatan waktu shalat. Hal ini justru lebih berbahaya lagi daripada jamnya terlalu maju. Mengingat sampai saat ini, banyak sekali masjid yang mengumandangakan adzan dengan waktu yang jauh lebih terlambat dari yang lain.

Hal ini memiliki banyak faktor penyebabnya, biasanya juga karena jam digitalnya terlalu lambat sehingga tidak akurat. Oleh karena itulah harus segera Anda atasi, untuk solusinya sendiri cukup mudah. Pertama lakukan atur ulang, klaim garansi atau juga bisa berkonsultasi ke pihak pembuatnya.

Tombol Tidak Berfungsi

Salah satu kendala yang paling mengganggu pada jam digital masjid, yaitu tombol manualnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya hal ini karena tombolnya sendiri jarang untuk ditekan, apalagi jika kendala jam tidak akurat atau setting adzannya salah jarang terjadi.

Menjadi tombol tersebut juga memiliki salah fungsi / tidak merespon apa pun. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk segera memperbaikinya ke tukang service supaya tidak semakin parah kerusakannya. Solusinya mudah, gantilah part, lakukan setting dari via remote / android.

Itulah beberapa penjelasan secara lengkap mengenai service dan jual jam digital masjid beserta solusi terbaik. Dari pembahasan di atas, kesimpulannya adalah kendala yang ada pada jam tersebut semuanya memiliki solusi / cara perbaikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *