Tugas Administrasi Perkantoran yang Harus Anda Pahami

Tugas Administrasi Perkantoran

Tugas administrasi perkantoran yang paling utama ialah merekap data, mengelola dokumen, serta menyimpannya. Seorang admin kantor juga membutuhkan relasi dengan pekerja lainnya. Sebab, Anda akan mengerjakan sesuatu berkaitan dengan setiap karyawan berdasarkan bidangnya masing-masing.

Adapun Rincian Terkait Tugas Administrasi Perkantoran

Tidakkah Anda mengetahui bahwa tugas seorang admin kantor seperti admin HC Alfamart tidak hanya seperti pembahasan sebelumnya?. Pekerjaan ini mempunyai tanggung jawab yang cukup kompleks terkait tata usaha perkantoran. Adapun detail dari beberapa tugas administrasi perkantoran yaitu:

Menerima Panggilan Melalui Telepon Kantor

Seorang admin kantor  mempunyai tanggung jawab atas keperluan atau kebutuhan komunikasi. Seperti contoh,  melakukan serta menerima panggilan  melalui telepon kantor. Anda perlu mempunyai skill berkomunikasi yang baik karena menyesuaikan dengan tugas.

Apalagi bagi kantor yang masih dalam skala kecil. Selain itu,  juga berperan sebagai penghubung di perusahaan. Maksudnya adalah Anda setidaknya mampu berinteraksi dengan perusahaan lain. Langkah ini bertujuan untuk membahas kerja sama bisnis antara keduanya.

Menyusun Agenda Kantor

Beralih ke tugas yang kedua, yakni menyusun agenda kantor. Jadwal program ini memegang peranan yang sangat penting di dalam perkantoran. Hal ini dapat membantu merencanakan persiapan kegiatan yang akan datang.

Setelah  Anda menerima telepon dari klien yang ingin melakukan pertemuan dengan atasan.  Langkah berikutnya ialah admin akan membuatkan jadwal meeting  berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Hal ini bertujuan untuk membantu efisiensi kegiatan dalam pekerjaan kantor.

Membuat Pengarsipan Data

Tugas yang berikutnya adalah membuat pengarsiapan data. Apakah hal ini penting? Iya, sangat penting. Sebab, dengan melakukan ini Anda bisa mengelola dan mengorganisir data dari perusahaan secara efektif.

Biasanya, staf administrasi akan mengumpulkan data serta menyusun dokumen. Anda dapat mengerjakannya setelah melakukan rekap. Kemudian, juga bisa mengarsipkan data serta dokumen penting perusahaan secara fisiki maupun digital menggunakan platform tertentu.

Kurang lebih itu tadi penjabaran mengenai rincian dari beberapa tugas administrasi perkantoran. Kami menyajikan sebuah pemaparan yang dapat membantu memahaminya dengan mudah. Anda dapat menggunakannya sebagai salah satu acuan dalam belajar terkait perkantoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *